Cara Memandikan Bayi

 

 

 

 

 

 

 

 

bayi dibawah 1 tahun

Bayi dibawah 1 tahun, yang dimaksud disini adalah yang belum bisa berdiri sendiri.

  • Siapkan perlak, jika anda memiliki box bayi yang dilengkapi alas mandi bisa dilakukan disana, atau bisa juga diatas tempat tidur. Selain itu siapkan alat-alat mandi bayi seperti baby oil, sabun cair, shampo,minyak telon, handbody, bedak, parfum bayi, handuk, baju, celana, popok / pampers, hair lotion/minyak rambut, sisir, dan sarung tangan & kaki (jika masih menggunakan).
  • Siapkan air hangat dalam bak, suhu air hangat-hangat kuku, ukur dengan siku anda, dan jangan terlalu penuh.
  • Letakkan bayi diatas perlak, lalu buka bajunya dan olesi seluruh tubuhnya dengan baby oil sambil sedikit dipijat-pijat. Hal ini dilakukan untuk membuat kulit bayi selalu tetap lembab dan halus. Setelah itu tuang sabun cair pada telapak tangan, gosok-gosok hingga berbusa dan sabuni seluruh badan bayi hingga rata dari ujung kepala hingga kaki. Untuk rambut, gunakan shampo khusus bayi.
  • Setelah semua badan tersabuni, masukkan bayi pelan-pelan kedalam bak, pegang ketiak bayi dengan posisi tangan ibu dibelakang leher bayi. Bilas badan bayi hingga bersih, begitu pula punggung bayi. Saat akan membilas rambut bayi yang sudah keramas, lakukan secara pelan-pelan agar tidak mengenai mata. Tutup teliga bayi dengan jari kita agar tidak kemasukan air.
  • Siapkan handuk diatas kasur dengan posisi membentang. Setelah bayi selesai dibilas dengan air bersih, angkat pelan-pelan dan letakan diatas handuk, kemudian keringkan seluruh tubuhnya termasuk lipatan-lipatan pada kulitnya.
  • Olesi minyak telon, pada punggung, perut dan dada secara merata. Lalu taburi bedak sedikit saja pada punggung dan perut bayi. Jangan menaburkan bedak pada alat kelamin bayi. Gunakan baju dan celana bersih, jika umur bayi dibawah 3 bulan, umumnya masih menggunakan kain bedong, sarung tangan dan sarung kaki. Jangan lupa sebelum memakaikan popok atau pampers,cek dulu  apakah ada ruam merah pada alat kelamin bayi, jika iya, gunakan cream baby untuk mengurangi ruam merah tersebut.
  • Olesi handbody pada tangan dan kaki, kemudian olesi rambut bayi dengan hair lotion, lalu sisir rambut bayi dengan sisir khusus. Jangan lupa gunakan parfum, agar bayi menjadi wangi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: