Perkembangan Bayi 0-6 Bulan

 

baby, bayi

 

Bayi usia 0 – 1 bulan

- Secara fisik, bayi yang baru lahir masih terpengaruh dengan keadaan di dalam rahim. Kaki dan tangan bayi normalnya dalam posisi flexi (menekuk seperti kodok) karena terbatasnya ruang dalam rahim. seiring bertambahnya usia, kaki dan tangan akan lurus dengan sendirinya.

- Pandangan bayi baru lahir masih sangant buram. Dia hanya bisa melihat objek yang berjarak 8-15 inci

- Bayi usia 3 minggu mulai bisa mengenali suara ibunya. Kebanyakan bayi akan senang bila disentuh, dicium, digendong, atau dipijat

- Pada usia 4 minggu, bayi senang menghisap. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan penggunaan “pacifier” atau empeng. Berdasarkan penelitian, empeng bisa mengurangi resiko SIDS (sudden infant death syndrome) atau sindrom mati mendadak pada bayi.

Bayi usia 1 – 2 bulan

- Bayi sudah semakin besar dan kuat. Bayi kini lebih fokus melihat Ibu  bahkan bisa merespons suara seperti bunyi bel.

- Bayi mulai bisa mengekspresikan perasaannya. Bayi akan tersenyum atau tertawa bila diajak berbicara.

- Otak bayi bertambah ukuran dan kompleksitasnya. Bayi mulai bisa belajar tentang apa yang didengar atau dilihatnya. Berbicara atau bernyanyilah pada bayi anda sesering mungkin. Bahkan waktu mandi bisa dijadikan saat yang tepat untuk mengenalkan ia terhadap lingkungan sekitarnya

Bayi 2 – 3 bulan

- Otot-otot tubuhnya terus menguat dan keterampilannya makin bertambah. Ia akan mulai mampu mengontrol gerakan otot-otot tubuhnya seperti mengangkat kepalanya dan menopang lehernya selama beberapa saat ketika dia dalam posisi tengkurap.

- Bayi mulai mampu mengeluarkan suara.  Suara Ibu mungkin jadi  suara favoritnya. Saat ia mendengar suara Ibu , maka dia akan merespons secara naluriah dengan membuat jawaban suara.

- Refleks genggamnya mulai berkurang, bayi akan mulai menganggap tangannya sebagai mainan barunya.

Bayi 3 – 4 bulan

- Bayi sudah bisa menegakkan kepala dan  menggunakan tangannya sebagai penopang. Ia juga mulai belajar meneggerakan otot tangan dan kakinya. Ia mulai mampu meraih serta menggenggam benda-benda kecil yang diberikan.

- Bayi mulai mengenali orang, terutama ibunya. Ia bisa membedakan orang2 yang familiar dengan orang asing.

- Bayi telah dapat ‘menggumam’. Biasanya dimulai dari huruf seperti p, b dan m, yang bisa dilafalkan dengan bibir. Bila merasa lapar, ia akan merengek dan tidak lagi menangis. Bahkan ia mulai sanggup menunggu apa yang diinginkan selama beberapa menit. Kemampuan menunggu ini merupakan tahap penting yang memperlihatkan tingkat pengertian dan kepercayaannya.

- Bayi pada usia ini sangat ingin tahu tentang sekelilingnya. Dan ia akan menggunakan seluruh panca indera untuk memuaskan rasa ingin tahunya.

- Bayi berusia tiga bulan biasanya dapat mengikuti benda dengan matanya dalam lingkaran penuh 180 derajat. Tataplah mata si kecil sesering mungkin, terutama pada saat menyusui. Biarkan jari-jari mungil tangannya meraih serta menyentuh wajah anda sebagai upaya untuk lebih mengenal Ibunya.
– Suara keras akan membuatnya terkejut atau menangis, tapi suara Ibu yang sudah dikenalnya akan segera menenangkannya.

- Indera penciuman pada bayi sangat membantu dalam mengenali kedua orang tuanya, terutama ibunya melalui kegiatan menyusui. Bau yang dikenali oleh bayi, akan membuatnya tenang dan tidak rewel.

- Pada usia ini, bayi makin peka alat pengecapnya. Kalau ketika baru lahir saja bayi bisa merasakan rasa tidak enak yang ada pada ASI (karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi), maka kini ia bisa meresponnya dengan melepas putting bila disusui.

- Warna terang dan suara mainan bergemerincing atau bunyi bel akan merangsang bayi 3 bulan yang akan segera belajar meraih dan menyentuh benda bergerak itu. Hal ini baik untuk melatih koordinasi antara tangan dan mata bayi Ibu.

- Bayi akan berusaha memasukkan semua benda ke dalam mulut.

Bayi 4 – 5 bulan

- Kemampuannya bersuara dan merespon lingkungan sekitar akan berkembang. Ia akan mengeluarkan suara-suara barunya saat berceloteh. Karena pada tahap  itu, dia membuat suara untuk kesenangannya sendiri sambil mencoba mengenalinya.Jangan heran jika terkadang bayi anda bisa menyebut “mama” atau “dada” secara spontan. Ia mungkin akan tertawa jika anda bermain “ci-luk-ba” .

- Ia mulai mengamati serta mempelajari bentuk dan ukuran benda yang dipegangnya serta  mampu meraih dan memegang benda yang disukainya.

- Bayi telah dapat melihat warna sejak lahir, namun masih sulit membedakan warna-warna yang serupa, seperti merah dan orange. Pada usia ini, bayi lebih jelas membedakan warna. Berikan ia gambar-gambar yang penuh warna misalnya pada buku atau mainannya.

Bayi 5 – 6 bulan

- Lengan, tubuh bagian atas dan leher bayi semakin kuat, dan sebentar lagi dia akan bisa duduk tanpa bantuan. Kontrol terhadap gerakan tangannya makin membaik, ia juga mulai dapat memegang botol susunya.

- Bila dibaringkan telungkup, ia mampu menggunakan kedua tangannya untuk menahan tubuhnya dan mulai belajar merangkak dan mengguling-gulingkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri.

- Kini ia mulai mengenal asal suara, dan ia akan menoleh ke tempat suara itu berasal. Ia juga mulai menyadari saat namanya dipanggil.

- Ia juga dapat menunjukkan ekspresi kapan ia marah, bosan, atau gembira. Ia mungkin akan menjulurkan tangannya jika ia ingin digendong, ia juga akan memberikan anda pelukan dan ciuman untuk menunjukkan bahwa ia sayang pada anda. Ia juga akan berreaksi terhadap orang yang tidak dikenalnya. Mungkin ia akan menangis atau mengalihkan mukanya dari orang tersebut.

- Kemampuan bermainnya semakin meningkat. Ia mungkin akan melakukan suatu tindakan untuk melihat hasil dari tindakan tersebut. misalnya ia akan menjatuhkan sebuah benda untuk melihat anda memungut benda tersebut dan memberikan lagi kepadanya. ia juga mulai senang membenturkan atau mengoyang-goyangkan benda untuk mendengar bunyinya.

Bayi 6 – 7 bulan

- Bayi mulai belajar menggenggam benda yang dipegangnya dan mendekatkan benda tersebut. Ia juga belajar memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain.

- Otot leher dan lengan menjadi semakin kuat. Bayi dapat berguling dari satu sisi ke sisi yang lain dan sebaliknya.

- Ia mulai melakukan hal-hal untuk menarik perhatian anda.Dalam tiga bulan ke depan, ia akan mengembangkan cara tersendiri untuk memberitahu anda apa yang ia pikir dan ia inginkan.

- Anda dapat mengajarkan bayi anda beberapa tanda atau sikap tubuh untuk setiap kata yang anda ucapkan. Misalnya saat anda bilang “lapar”, anda pegang perut anda. Hal ini akan membantu mengembangkan ketrampilan berbahasa bayi anda.

- Melihat buku bergambar bersama dapat meningkatkan kemampuan berbicara bayi anda dan membuat bayi anda kelak jadi gemar membaca

- Pada akhir usia 6 bulan, kaki bayi mulai kuat. Ia mulai senang menekuk-nekuk dengkulnya saat anda menempatkan ia dalam posisi berdiri.Kontrol tangan dan jari-jari semakin membaik. Ia dapat memungut benda menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Ia juga akan mulai belajar merangkak.

sumber: tsamaniya Collection

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: